NEWS & EVENTS

INFO KOMPUTER edisi Mei 2007

Relion Enduro RL888

Kinerjanya memang kurang ideal untuk kegiatan komputasi kelas  tinggi, namun sangat sepadan dengan harganya yang terjangkau

Pilihan notebook murah kini semakin betebaran, termasuk Relion RL-888 ini. Dengan harga Rp. 5,9 juta, notebook ini menawarkan harga yang sangat terjangkau untuk kebanyakan orang.

   Akan tetapi seperti notebook di kelas harga tersebut, komponen yang digunakan adalah entry level. Prosesornya adalah AMD Sempron Mobile 2800+ (1,6GHz), dibantu memori DDR2 berkapasitas 512MB. Yang menarik adalah chip gratis onboard-nya yang menggunakan GeForce Go 6100. Kami sebut "menarik" karena Go 6100 adalah salah satu chip gratis onboard terbaik saat ini, dan hal tersebut terbukti dari hasil uji DMark 2006 yang kami lakukan. Angka 210 untuk pengujian ini terbilang tinggi, kafena rata-rata chip gratis onboard cuma berkisar di angka 100. Angka tersebut memang bukan berarti kita bisa memainkan game kelas berat seperti Doom3 atau FarCry, namun setidaknya game berbasis DirectX 9 bisa dijalankan dengan baik di notebook ini.

   Sedangkan untuk aplikasi berbasis prosesor, Anda harus maklum jika performanya kurang bersinar. Untuk melakukan encoding video dari format avi ke wmv misalnya, dibutuhkan waktu 43 menit. Padahal untuk notebook berbasis dual core, waktu yang dibutuhkan sekitar 20 menit.

Namun jika dibandingkan notebook sekelas seperti AcerTravelMate 3683 NWXCi, catatan waktu ini tidaklah jauh berbeda, seperti bisa Anda lihat di tabel hasil uji.
   Pengalaman kami menggunakan notebook ini terbilang bagus. Hal ini berkat penempatan tombol keyboard yang mengikuti standar dan tidak neko-neko, serta tombol-tombolnya yang terasa empuk dan responsif saat ditekan. Kami juga tidak menemui masalah berarti dengan kualitas layarnya karena mampu memberikan tingkat terang (brightness) yang nyaman untuk berbagai kegiatan, mulai dari mengetik sampai menonton film.

Paparan panasnya juga terjaga, sehingga sandaran tangan tidak terasa meskipun menggunakan notebook ini untuk jangka waktu yang lama.

   Fasilitas yang disediakan notebook ini terbilang standar, kecuali adanya kamera di bagian atas layar; Meskipun bentuknya kurang menyakinkan, kami dapati kualitas yang disajikan terbilang bagus. Pada kondisi rendah cahaya sekalipun, foto atau video yang diperoleh terlihat memadai. Ditambah speakerdi dekat touchpad, notebook ini cocok untuk melakukan video conference.